4 Des 2016

Layanan Telematika

Layanan telematika adalah sebuah layanan yang dalam penyajiannya menanggunakan jaringan telekomunikasi, atau perpaduan antara komunikasi, media dan teknologi informasi. adapun jenis jenis layanan telematika adalah :
- dibidang informasi
- dibidang keamanan
- context aware dan event base
- perbaikan sumber.

1. Layanan dibidang informasi
layanan ini memberikan kemudahan untuk mengakses informasi yang dibutuhkan sebagai penujang keputusan terhadap sesuatu seperti.
- layanan informasi prakiraan cuaca hari ini
- layanan informasi harga saham hari ini
- layanan informasi portal berita terbaru hari ini

2. Layanan dibidang keamanan
layanan yang memberikan rasa aman terhadap data dan informasi yang kita miliki, seperti :
- layanan antivirus yang melindungi data kita dari serangan virus
- layanan safe line yang melindungi komputer kita dari serangan cyber saat kita mengakses internet.

3. Layanan context aware dan event base
context aware adalah kemampuan suatu jaringan mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter dari pengguna dan penggunaan jaringan itu sendiri, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter tersebut. contoh dalam penggunaannya adalah :
- layanan lokasi saat ini atau yang biasa disebut dengan gps

4. Layanan perbaikan sumber
dalam layanan ini memfokuskan pada perbaikan sumber daya manusia yang merujuk pada peningkatan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif.

0 komentar:

Posting Komentar